Cerita Desa

Desa Karehkel Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur, Untuk Tingkatkan Perekonomian Warga

BOGOR,HASTAGMU.com –Karehkel, desa yang secara administratif masuk kedalam wilayah kecamatan Leuwiliang, kabupaten Bogor ini. Terus mengembangkan segala potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber daya manusia (SDM) yang ada di wilayah desa nya, terutama dalam sektor Infrastruktur jalan dan fasilitas umum. Hal tersebut sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang terus membangun dari mulai tingkat desa.

Suhandi, Sekretaris Desa ( Sekdes ) karehkel saat ditemui Hastagmu.com di kantor desa memaparkan. “Alhamdulillah kita terus membangun wilayah-wilayah yang tadinya belum ada listrik, contohnya kebolang sekarang sudah ada, terus pada tahun 2010 juga kita membangun jalan menuju ke Tonjong yang dulu nya tidak bisa diakses oleh kendaraan (Mobil-Red).” Ujar Suhandi.

Suhandi menambahkan saat ditanya terkait pembentukan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ), desa Karehkel memang belum memiliki. Karena pihak pemerintah desa masih berfokus pada pembangun infrastruktur jalan dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Dia berharap, Dengan mayoritas penduduk desa Karehkel yang menjadi penggali pasir dan petani sayuran dengan adanya pembangun jalan yang baik, dapat meningkatkan perokonomian warga desa.

“Alhamdulillah setelah adanya infrastruktur yang baik, banyak warga yang sudah merasakan dampaknya, seperti jalan yang menuju tonjong disana itu banyak kelompok-kelompok tani yang terbantu,” tutur nya.

Salah satu ruas jalan di desa Karehkel, Kabupaten Bogor [ Rasyid Ridho/Hastagmu.com ]
Sementara itu terkait potensi yang ada didesa, Sekdes Suhandi menjelaskan bahwa sayuran sudah menjadi ikon untuk desa Karehkel, untuk itu pihaknya terus mendata segala bentuk potensi dalam hal pertanian sayuran, serta terus menggeber pengemasan produk-produk sayuran dari desa nya agar memiliki nilai jual yang tinggi kedepannya. Dengan cara mengadakan bermacam pelatihan kepada warga.

“Ada salah satu warga kami, yang sudah berhasil menggembangkan produk sayuran organik yang tanpa menggunakan pestisida, kita akan terus mengembangkan potensi-potensi itu dengan mengandakan pelatihan terkait pengemasan, biar harga julanya juga tinggi,”   jelas Suhandi.

Membangun desa yang maju adalah salah satu visi dari pemerintah Desa Karehkel, dengan pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas umum yang menjadi skala prioritas. Yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa dan meningkatkan perekonomian desa sesuai dengan kemampuan yang ada wilayah desa, tutup Suhandi. ( Red-Ras )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?
Close