DemokrasiFeatured

Resmi Dibentuk JPPR Kota Bogor Siap Pantau Penyelengaraan Pilwalkot

BOGOR, HASTAGMU.com – Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat ( JPPR ). Konsorsium Lembaga yang didirikan oleh beberapa organisasi masyarakat antara lain Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, dan 36 organisasi lainnya, resmi dibentuk di Kota Bogor. Lembaga independent yang bertugas memberikan pendidikan pemilih, melakukan pemantauan proses pemilihan, serta melakukan evaluasi proses pemilu ini. Siap untuk memantau penyelengaraan pemilihan walikota & wakil walikota Bogor, demi terciptanya pesta demokrasi warga kota Bogor yang berkualitas dan bermartabat.

Rasyid Ridho, koordinator JPPR Kota Bogor saat ditemui oleh Hastagmu.com disela kegiatan raker menjelaskan. “JPPR Kota Bogor siap mendorong kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pesta demokrasi yg bertanggungjawab,mampu menolak dan melaporkan segala kecurangan termasuk money politic agar tercipta suasana pemilu yang bermartabat dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mampu memimpin bukan pemimpin hasil dari yang tidak baik. Sehingga pemimpin yang dihasilkan nanti menjadi corong bagi semua kepentingan masyarakat kota Bogor, bukan untuk golongan atau sekelompok orang, jelas Rasyid.

Adapun tugas utama JPPR yaitu memberikan pendidikan pemilih, idealnya pra proses pencoblosan hingga akhir pemungutan suara. Cara nya pun beragam seperti pendidikan, cara memilih,melawan kecurangan,dan menuntut hak memilih dan dipilih. Kemudian ada pemantauan, dilakukan juga sebelum pra pemilu hingga akhir pemungutan suara, ragam yang dimontoring yaitu kecocokan pendataan pemilu,pelaporan kekayaan paslon,teknis pelaksanaan yang singkron dan yang terakhir itu mengevaluasi hasil pemilu yaitu dengan memberikan gambaran pemilu di tempat tertentu dan memberikan masukan yang terbaik bagi penyelenggaran pemilu guna membentuk pemilu yang jurdil,merakyat dan efektif, tambah Rasyid.

Rasyid juga mengajak masyarakat kota Bogor untuk bergabung bersama JPPR Kota Bogor. “Saya mengajak masyarakat kota Bogor, sebagai koordinator JPPR kota Bogor mari bergabung menjadi pemantau independen didalam JPPR untuk bersama menjadikan pemilu berkualitas di kota Bogor, ungkap Rasyid.

Dalam waktu dekat JPPR Kota Bogor akan segera mendaftarkan diri ke KPU Kota Bogor sebagai pemantau independent, dan akan segera memantau proses pemutakhiran pemilih dilapangan, tutup Rasyid ( Red-Den )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close