DemokrasiFeatured

KPU Jabar Tetapkan DPT Pemilu 2019 Di Jawa Barat Sebanyak 32,6 Juta

BANDUNG, HASTAGMU.COM –  Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Jawa Barat, Kamis ( 30/08/2018 ) lalu. Menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) Pemilihan Umum ( Pemilu ) tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat, bertempat di Hotel Intercontinental, Bandung.

Dalam rapat pleno yang dihadiri oleh para Komisioner KPU Jawa Barat, Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ), perwakilan Disdukcapil, dan pengurus parpol tingkat provinsi, serta Komisioner Bawaslu dan Komisioner KPUD Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

KPU Provinsi Jawa Barat  menetapkan DPT di Jawa Barat sebanyak 32.636.846 pemilih yang tersebar di 627 Kecamatan atau 5.957 desa / kelurahan di Jawa Barat, untuk Pemilu 2019 mendatang.

Jumlah tersebut terdiri dari 16.401.010 pemilih laki-laki dan 16.235.836 pemilih perempuan. Sementara itu para pemilih, nantinya akan di layanani dalam menyalurkan hak suara nya di Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) yang  jumlah mencapai 137.401 TPS.

Baca Juga : Naik Tingkat Bawaslu RI Lantik 5 Orang Anggota Bawaslu Kota Bogor

Jumlah TPS tersebut jauh lebih banyak atau bahkan hampir dua kali lipat dibanding TPS Pemilihan Gubernur (  Pilgub ) Jawa Barat bulan Juni 2018 lalu.

Dilansir dari Sindonews.com, ketua KPU Jawa Barat. Yayat Hidayat menyampaikan penetapan DPT tersebut dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip menyeluruh, akurat, dan data terbaru.  “Penyusunannya dilakukan secara cermat dan hati-hati karena menyangkut hak dasar warga negara,” ungkap Yayat.

Yayat juga menegaskan KPU Jawa Barat menjamin bahwa orang yang tidak berhak memilih tidak diperkenankan mencoblos di Jawa Barat, tegas Yayat. ( Red )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close