DemokrasiFeatured

Bangun Kesadaran dan Pengetahuan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Kota Bogor Gelar SKPP

BOGOR, HASTAGMU.COM – Guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam hal pengawasan partisipatif dan pendidikan terkait kepemiluan. Bawaslu Kota Bogor menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif ( SKPP ), pada 25-29 November 2019 bertempat di Gracia Hotel and Convention. Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 orang peserta ini dibuka oleh ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas Mau, dan di hadiri pula oleh Ketua Bawaslu Jawa Barat. Abdullah, S.TP yang memberikan pengarahan langsung terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama 5 hari tersebut, diisi oleh bermacam  materi yang diisi oleh Akademisi, Pemantau Pemilu dan Pimpinan Kelembagaan Pemuda. Selain  materi  didalam kelas, para siswa SKPP ditugaskan juga untuk study langsung kelapangan guna mencari informasi terkait  tingkat partisipatif.

Ahmad Fathoni, Komisioner Bawaslu Kota Bogor, mengungkapkan selama satu hari penuh para siswa SKPP ditugaskan untuk mendatangi masyarakat, organisasi daerah dan tokoh masyarakat secara langsung untuk melakukan studi. “ Siswa SKPP dibagi menjadi kelompok-Kelompok kecil terdiri dari 5-6 orang dan mendatangi sejumlah tempat yang menjadi lokasi penelitian mereka dilapangan, pungkasnya.

Para Peserta Photo Bersama Dengan Komisioner Bawaslu Kota Bogor [ Istimewa ]

Fatoni juga menambahkan kalau kegiatan SKPP ini di harapkan dapat menjadi solusi terkait minimnya pengawasan partisipatif dan dapat menciptakan kader yang profesional disetiap agenda pemilu dan pilkada.

“ Para peserta diharapkan akan menjadi perpanjangan tangan dari bawaslu terkait pengawasan pemilu dan Pilkda, agar tujuan serta cita-cita pemilu yang luber jurdil dapat kita kawal bersama,” ungkap Fatoni.

Kegiatan SKPP Bawaslu Kota Bogor di tutup pada hari Jumat (29/11/2019 ) dengan kegiatan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik selama masa kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif ( SKPP ) Bawaslu Kota Bogor, dan di hadiri langsung oleh kelima anggota Bawaslu Kota Bogor. ( Red/CF )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close