Ekonomi KreatifFeatured

KangBlankon Bidik Pengembangan Potensi Peternakan Kelinci Di Kota Bogor

BOGOR, HASTAGMU.COM – Kelinci merupakan salah satu hewan yang banyak diminati untuk dipelihara. Harga jenis tertentu pun tidak kalah dengan harga kucing persia.

Selain itu Kelinci juga merupakan satu hewan ternak yang mempunyai banyak manfaat, mulai dari, penghasil kompos dari kotoran/fesesnya, tulangnya digunakan sebagai bahan tepung tulang, penghasil daging yang mempunyai gizi tinggi serta rambut dan kulitnya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan.

Melihat potensiyang sangat luar biasa tersebut KangBlankon Bisnis Inkubasi tengahberupaya untuk melakukan riset dan pengembangan di Kota Bogor terkait potensi-potensi yang bisa mereka dorong perkembangannya disektor peternakan kelinci.

Hal tersebut di ungkapkan oleh inisiator KangBlankon. Purwanto Joyo Martono. “ Mungkin belum banyak yang tau kalau di Kota Bogor terdapat banyak peternak rumahan yang sedang merintis usaha peternakan mereka, banyak masyarakat tau nya kelinci yang dipasarkan di Kota Bogor itu berasal dari luar Bogor seperti Bandung dan daerah Jawa Tengah.” Ungkapnya.

Di Kota Bogor saya bersama tim  menemukan ada sekitar 30 an lebih peternak kelinci baik hias maupun pedaging yang skala nya memang masih rumahan, tambahnya.

Purwanto pun menjelasakan kalau pihaknya saat ini tengah melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan harga kelinci dipasaran dan juga menampung bermacam permasalahan dan kendala yang dihadapi para peternak. “ iya saat ini ( Tim KangBlankon- Red ) tengah melakukan riset dulu dengan berdagang langsung di taman heulang Kota Bogor setiap hari minggu,” jelas pria yang akrap disapa Bang Joy.

Sementara itu Petrus Idi Darmono, Direktur Program dan Event KangBlankon menambahkan masih banyak kendala yang dihadapi para peternak kelinci seperti permasalahan pakan dan dan juga kestabilan harga.

“ masih banyak kendala, kita sedang carikan solusinya seperti pakan kita sedang mendorong bagaimana pakan mengolah sendiri nantinya menggunakan mesin sendiri dengan harapan bisa menekan tinggi nya harga pakan kelinci, dan kami juga melakukan pengemasan terhadap pakan tersebut yang nantinya bisa dijual di petshop untuk memenuhi para penghobi kelinci, ” ungkap Petrus.

Selain Menjajakan Kelinci Hias Hasil Peternak Dari Kota Bogor, Tim KangBlankon Juga Melakukan Kampanye Terkait Peternakan Kelinci Di Kota Bogor

Kemudian untuk kestabilan harga kita juga melakukan riset bersama tim dengan berdagang langsung kelinci sambil mengkampanyekan kelinci hias hasil peternak kota Bogor di beberapa taman dan petshop di Kota Bogor dengan harga yang kita buat bervariatif, tambah Petrus.

Kemudian Purwanto juga menambahkan kembali bahwa target nya bersama tim bisnis inkubasi adalah bagaimana para peternak bisa terus berjalan memproduksi kelinci.

“ jadi biar peternak terus berjalan meproduksi kelinci kita yang bantu pemasarannya seperti apa nanti apakah kita membuat taman kelinci hias kan bisa mendorong sektor tempat wisata baru itu diKota Bogor , selain kelinci hias kan kita juga akan mendorong produksi kelinci pedaging yang untuk konsumsi, jadi dalam waktu dekat ini juga kita mau mendorong terbentuknya paguyuban para peternak kelinci di Kota Bogor, supaya sinergis satu sama lain nantinya, dan semoga bisa terus mendorong kemajuan usaha mereka dan bisa berimbas pada sektor ekonomi masyarakat disekitarnya. Tutup Purwanto. ( Red )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close