Ekonomi KreatifFeatured

Pekerjaanya Terdampak Covid-19, Photographer Ini Banting Stir Jualan Sayur

BOGOR, HASTAGMU.COM – Efek Pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi ekonomi masyarakat, hampir separuh sektor usaha mengalami kemerosotan pendapatan bahkan hingga harus berhenti total tanpa penghasilan.

Salah satu sektor usaha yang sangat terdampak adalah industri kreatif di bidang photography pernikahan dan event. Hampir 2 bulan para photographer harus kehilangan mata pencahariannya semenjak pemerintah mengeluarkan kebijakan pelarangan melaksanakan pernikahan dan acara yang melibatkan banyak orang untuk menekan penyebaran virus.

Hastagmu.com berkesempatan mewawancarai Deni Husaen, salah seorang photographer yang sehari-harinya bekerja di bidang photo pernikahan. Sudah hampir 2 bulan ini Deni harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

iya sudah 2 bulan diam dirumah terus tanpa kepastian, pas mulai ada kebijakan pelarangan pesta nikahan jadi sepi job, bahkan udah gak ada penghasilan sama sekali sampai sekarang,” ungkap Deni.

Deni juga menceritakan banyak rekan seprofesi nya yang harus mengalami hal yang sama dengan dirinya. “semenjak adanya covid, banyak juga temen-temen saya yang kehilangan penghasilannya sampai gak ada sama sekali pemasukan tapi pengeluaran tiap harinya terus ada,” tambah Deni.

Namun ditengah kesulitan tesebut Deni berinisiatif memanfaatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan petani sayuran di sekitar rumahnya di Cisarua, Jawa Barat. Ketimbang harus menjual perlengakapan kerjanya karena terlalu bersiko untuk kehidupan kedepannya. Deni lebih memilih banting stir menjual paketan sayuran segar dan mengirimnya kepada pemesan. “ Sekarang jadi tukang sayur delivery dulu, sementara,” ujar Deni.

Saya jual sayuran segar langsung dari petani di sekitar rumah, dijualnya paketan harganya 35 Ribu Rupiah perpaketnya, terus isi 1 paket didalamnya bermacam mulai dari kembang kol, wortel, cabe, tomat, saicin, brokoli dan bermacam lagi sesuai panen dari petaninya,” tambahnya.

Paket Sayuran Yang Di Jual Oleh Deni [ Photo : Red ]
Sementara itu untuk pengirimannya pesanan Deni mengungkapkan, kalau dirinya akan mengantar langsung ke lokasi pemesan sampai depan pagar. “ kalau pengiriman itu saya kirim langsung ke lokasi pemesan sesuai perjanjian bahkan sampai depan pagar rumah. Kalau ongkos kirim tergantung jarak kalau lokasi nya dekat saya kasih gratis, nah kalau untuk pemesanan bisa lewat no whatsapp saya di 085710959610,” ungkap Deni.

Sebagai penutup, Deni berharap wabah ini segera selesai dan dirinya beserta rekan seprofesinya bisa kembali bekerja seperti sedia kala. Dia juga berharap pada pemerintah untuk terus semaksimal mungkin menghadapi wabah Covid-19 ini.

“ Mudah-mudahan segera selesai wabah ini, saya juga berharap kepada pemerintah untuk tegas dalam menghadapi wabah ini dan juga masyarakat tidak egosi dan selalu mematuhi aturan pemerintah. Semoga juga bantuan mudah-mudahan bisa ada untuk modal usaha kembali nanti pasca pandemi ini, soalnya sekarang sudah habis-habisan banget,” tutup Deni. ( Red-Rul )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close