Lifestyle

Pilih Kopi Arabica Atau Robusta ? Kenali Dahulu Jenisnya

HASTAGMU.COM – Aroma yang khas selalu tercium saat kopi dihidangkan dalam cangkir. Kopi menjadi teman,  Menghangatkan tubuh, penghibur penat kerja, sampai teman lembur disaat deadline mengintai. Kopi punya cerita, dari yang muda sampai tua, dari yang sederhana sampai elegan, kopi punya tempat untuk setiap orang yang ingin menikmatinya.

Tanpa rasa gengsi, kopi mampu diterima diseluruh kalangan masyarakat. Ia berjaya di lidah para pria bahkan wanita. Rasanya yang pahit, atau keasam-asaman tak bisa jadi alasan untuk ditolak. Justru itulah yang membuat kopi terus melekat dihati para penikmat.

Ngomong-ngomong soal kopi, banyak orang mengenal antara dua, arabica dan robusta. Kopi bukan hanya sekadar kopi, banyak orang yang selektif dalam memilih kopi. Itu dikarenakan seorang penikmat kopi ingin mendapatkan jenis kopi yang bercita rasa sesuai yang diinginkan. Maka sebaiknya kita mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta.

1. Arabica

Bicara soal rasa, arabica memiliki rasa yang lebih asam dengan pahit yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan kafein yang dikandung oleh arabica lebih rendah, antara 0,8 -1,4%. Arabica biasanya dipilih karena si penikmat lebih menyukai rasa keasaman dibanding kopi yang pahit.

Untuk soal aroma, arabica memiliki aroma yang mirip buah-buahan atau ada juga yang seperti wangi bunga. Jika seseorang benar-benar memperhatikan jenis kopi yang dia minum, seharusnya ia sudah paham betul dan bahkan bisa menebak jenis kopi yang dia akan minum tanpa harus mencicipinya, cukup dengan mencium aromanya.

Kopi jenis ini memang lebih diminati oleh orang-orang, karena pengaruh selera akhirnya membuat kopi arabica lebih mahal dibanding jenis kopi robusta. Disamping disukai banyak orang, arabica pun menjadi mahal karena penanamannya yang lebih sulit.

Faktor ketinggian geografis amat berpengaruh pada perkebunan kopi arabica, pun menyangkut suhu udara. Selain itu, arabica punya cita rasa yang sedikit berbeda tergantung daerah tanamnya. Misal antara kopi jenis arabica gayo dan toraja, keduanya sama-sama arabica tapi soal rasa mereka punya perbedaan.

Kopi jenis ini memang lebih banyak digemari, beberapa kopi arabica yang populer di Indonesia itu kopi gayo, toraja, flores dan wamena. Kopi buatan indonesia tidak kalah saing dipasar global, walau arabica sebenarnya pertama dikenal di brasil dan etiopia.

2. Robusta

Saingan terberat arabica, jatuh pada robusta. Meski perlu diketahui atau bahkan jika ada kesempatan terdapat jenis kopi lain, seperti liberica dan excelsa. Namun memang kopi yang menguasai pasar dan disukai oleh banyak orang adalah arabica dan robusta.

Robusta memiliki rasa yang lebih pahit dengan kafein 1,7-4%. Cita rasa inilah yang membuat para penikmat tergugah untuk mengkonsumsinya. Cita rasa yang berbeda dari arabica akhirnya membuat robusta jadi selera untuk penikmat yang lebih menyukai kopi pahit..

Memiliki aroma seperti cokelat juga seakan-akan merayu penikmat kopi untuk meminumnya. Selain aroma cokelat, ada jenis robusta yang beraroma kacang-kacangan dan juga aroma seperti halnya tanah.

Jika suatu waktu isi dompet kita sedang tidak baik, namun dahaga meminum kopi kian merenggut ketertarikan kita, maka robusta bisa menjadi pilihan. Robusta memiliki harga yang dinilai lebih murah dibanding arabica. Hal ini dipengaruhi oleh ongkos perawatan perkebunan kopi robusta yang tidak sesulit arabica.

Penanamannyapun lebih mudah karena tidak perlu memikirkan letak geografis yang tinggi. Robusta bisa ditanam di ketinggian dibawah 1.000 meter diatas permukaan laut. Suhu yang dibutuhkanpun lebih hangat yaitu sekitar 24-30 derajat celcius.

Jadi, itulah perbedaan antara arabica dan robusta. Apapun rasanya, itu tergantung selera kita. Dua macam kopi tersebut bisa mudah ditemukan, dari yang kemasan sampai disajikan pada sebuah kedai. Ngomong-ngomong, daripada diem-diem bae,  yuk ngopi. Kutunggu kau dikedai kopi, mau pilih arabica atau robusta? ( Red-Bay )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close