Lifestyle

Hiii! Ini Dampak Ketika Terlalu Sering Main Ponsel Sambil Tiduran

HASTAGMU.com – Ponsel sudah menjadi setengah dari kehidupan kita. Nampaknya tanpa ponsel hidup kita menjadi hampa. Bahkan tingkat kepentingannya mengalahkan KTP. Tidak bawa ponsel itu lebih buruk daripada tidak bawa KTP. Akui saja, beberapa dari kita bahkan kerap membawa ponsel kita ke kamar mandi pada saat kita akan mandi atau buang air besar kan?

Tentu saja ini bukan kebiasaan yang baik tapi kamu pun tak bisa mengelak jika sulit untuk mulai berubah agar tidak lagi terlalu tergantung pada ponsel. Boro-boro tidak bawa ponsel ke kamar mandi, tidak main ponsel sambil tiduran pun bisa jadi suatu bencana bagi kamu yang sudah terbiasa. Padahal, di balik kebiasaan buruk ini ada risiko yang mengintai dan bisa mengancam kesehatanmu. Mau tahu apa saja?

1. Risiko Terkena Kanker
Risiko pertama yang harus siap kamu tanggung ketika kamu terbiasa menggunakan smartphone sembari tiduran adalah kanker. Sebenarnya, masalah utama tidak terletak pada posisimu dalam menggunakan ponsel, tetapi akuilah bahwa kita kerap kali menggunakannya sembari tiduran atau terkadang meletakkannya tepat di sisi kepala dan membiarkannya dalam keadaan hidup selama kita tidur. Kebiasaan ini akan meningkatkan risiko serangan kanker. Radiasi ponsel ini bisa memengaruhi proses pembelahan sel-sel dalam tubuh hingga tak terkendali yang kemudian mengubahnya menjadi sel-sel abnormal. Sel-sel ini nantinya berpotensi menyerang jaringan terdekat yang memiliki frekuensi sentuhan tinggi dengan ponsel.

2. Serangan Jantung
Risiko lain yang mungkin bisa menyerangmu adalah serangan jantung. Mungkin kamu belum pernah mendengar sebelumnya bahwa terdapat hubungan antara radiasi ponsel dan serangan jantung. Memang hubungan ini tidak secara langsung karena radiasi ponsel memulainya dengan mengganggu tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan di Jerman dan dilaporkan dalam media Lancet pada tahun 1998 menunjukkan adanya penelitian yang memperlihatkan tekanan darah subyek yang diteliti mampu meningkat 5 hingga 10 Hg, sebuah peningkatan yang cukup signifikan untuk memicu munculnya stroke atau serangan jantung. Inilah bukti pertama yang cukup meyakinkan betapa radiasi ponsel begitu kuat dan dapat memengaruhi perubahan fungsi sel dalam tubuh manusia.

Baca Juga : 5 Tanda Anda Keasikan “Posting” Di Sosial Media

3. Gangguan Pada Mata
Cukup banyak risiko yang mengintai dari kebiasaan menggunakan ponsel sambil tiduran terutama untuk mata penggunanya. Dalam jangka pendek, penggunaan ponsel sambil tiduran dan didukung pencahayaan yang rendah mampu menimbulkan mata lelah dan berair yang lambat laun menimbulkan efek samping seperti pusing, sakit kepala, letih, serta insomnia. Astenopia, melambatnya reaksi pupil terhadap cahaya, juga menjadi risiko bagi mata pengguna karena menggunakan ponsel sambil tiduran. Hal ini mungkin masih diperparah dengan ukuran font yang akan dibaca dari layar ponsel karena membutuhkan konsentrasi penglihatan yang lebih tinggi.

4. Resiko Tumor Otak
Bukannya ingin menakut-nakuti, tetapi sudah menjadi rahasia umum kalau radiasi ponsel berpotensi menyerangmu dengan berbagai penyakit di balik pesonanya yang selalu berhasil membuatmu menggunakannya sembari tiduran. Kasus efek radiasi ponsel menjadi tumor dalam tubuh penggunanya bahkan lebih mungkin terjadi pada kaum perempuan dan anak-anak. Radiasi ponsel ini akan memengaruhi terbentuknya neoplasma dan regenerasi sel yang tidak wajar. Maka dari itu sangat tidak disarankan menggunakan ponsel sambil tiduran apalagi sampai membiarkannya berada di bawah bantalmu ketika kamu tidur.

5. Tidur Menjadi Tidak Nyeyak
Dampak satu ini masih menjadi salah satu akibat yang harus kamu hadapi kalau terlalu sering membiarkan tubuhmu terpapar radiasi ponsel. Kamu harus rela tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak sehingga kamu pun mengalami kelelahan meski sudah mendapatkan waktu istirahat yang panjang. Tubuhmu mungkin dalam keadaan tidur atau istirahat tetapi pikiranmu aktif, ketika bangun dari tidur kamu merasakan kelelahan sama seperti sehabis melakukan aktivitas rutin. Kalau sudah terbiasa begini, tentu tidak akan berdampak baik bagi tubuhmu dalam jangka waktu yang panjang.(Red)

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close