FeaturedLifestyle

Mau Pelihara Kelinci Ras, Ini 5 Tips Dari Peternak Bogor Rabbit Valley

BOGOR, HASTAGMU.COM – Kelinci Memang binatang yang sangat lucu dan menggemaskan tapi beberapa dari kita pasti tahu bagaimana kesulitanya memelihara binatang lucu yang satu ini.

Umur kelinci memang dikenal pendek dan mudah sekali sakit sampai kemudian mati, tapi tenang bagi anda yang ingin memelihara kelinci, kali ini kami  telah merangkum bebarapa cara perawatan kelinci yang baik dan benar agar kelinci yang anda beli nanti bisa sehat dan berumur panjang.

Di Temui Hastagmu.com salah satu peternak kelinci ras dari Bogor Rabbit Valley, Muhammad Ridwan menjelaskan ada beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat mengenai perawatan kelinci yang justru menjadikan kelinci mudah sakit dan akhirnya mati, berikut saran dari Ridwan mengenai perawatan kelinci yang benar.

  1. Hindari Pemberian Kangkung Dalam Jumlah Banyak

Kangkung adalah sayuran hijau yang memiliki kandungan gas dan kadar air yang cukup tinggi, penyakit yang paling mematikan pada kelinci adalah kembung, banyak peternak yang pasrah ketika mendapati kelinci nya terkena penyakit kembung hingga akhirnya mati, oleh karena itu hindari pemberian kangkung untuk pakan kelinci secara berlebihan atau tidak sama sekali.

  1. Jangan Beri Wortel Secara Berlebihan

Banyak masyarakat awam yang menyangka wortel adalah makanan khas bagi kelinci dan sangat baik untuk kelinci, namun Ridwan menjelaskan bahwa wortel adalah junk food bagi kelinci, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi untuk kelinci. Makanan yang justru baik bagi kelinci adalah daun dari wortel itu sendiri namun sangat jarang pedagang yang menjual beserta daun nya.

  1. Beri Makan Pelet Kelinci Sesuai Takaran

Pelet kelinci yang dijual di petshop atau dapat dibeli secara online adalah pakan terbaik bagi kelinci anda, ada bermacam merk dan harga tentu kualitas masing masing merk berbeda ada yang diproduksi di dalam negeri ada pula yang impor dari luar negeri. Yang terpenting disini Ridwan menjelaskan pemberian pelet kelinci juga harus sesuai takaran dilihat dari usia kelinci tersebut, jika usia 1,5 – 2 bulan sebaiknya 1 ekor kelinci hanya diberi sekitar 100 – 150 gram saja, dan jika usianya sudah 4 bulan keatas baru diberikan takaran 300 – 500 gram untuk mengindari kelinci anda mengalami obesitas atau kegemukan yang dapat menimbulkan bermacam penyakit pada kelinci.

  1. Jangan Mandikan Kelinci Diusia Rentan

Kelinci dikenal sebagai hewan yang takut terhadap air, namun hal tersebut  tidak menjadikan memandikan kelinci menjadi sesuatu yang haram, tentu saja dengan aturan dan tata cara yang benar, salah satu yang harus anda hindari adalah memandikan kelinci si usia yang sangat rentan yaitu usia 1,5 hingga 2 bulan karena pada usia tersebut kelinci sedang dalam fase yang rawan karena daya tahan tubuh nya yang masih sangat lemah, jika anda ingin melakukan perwatan / grooming kelinci pada usia tersebut  anda bisa menggunakan bedak bayi dan juga sisir khusus hewan untuk membersihkan bulu nya dan membuat kelinci anda tepat cantik tanpa dimandikan pun.

  1. Persiapkan Perlengkapan Sebelum membeli Kelinci

Bagi anda yang berniat membeli dan memelihara kelinci alangkah baik nya persiapkan dahulu semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk memelihara kelinci sebelum anda membeli kelinci, mulai dari kandang, tempat makan dan minum sesuai usia dan ukuran kelinci yang anda akan beli nanti. Jangan membeli kandang yang terlalu sempit yang menyebapkan kelinci tidak leleuas dalam bergerak, kemudian persiapkan pula wadah makan dan botol minum kelinci yang biasa disebut nipple dan usahakan ukuran botolnya harus sesuai dengan usia dan ukuran kelinci karena jangan sampai kelinci anda kehabisan minum saat anda beraktifitas diluar rumah yang bisa menyebapkan kelinci anda dehidrasi.

Itu dia 5 tips yang bisa anda lakukan ketika memlihara kelinci kesayangan anda, kalau anda cukup apik dalam merawat kelinci, Ridwan mengungkapkan umur kelinci  bisa menjadi panjang.

“ Rata-rata usia peliharaan kelinci yang dirawat dengan baik adalah sampai usia 7 – 8 tahun bahkan ada yang bisa mencapai usian 9,5 tahun,” tutup Ridwan. ( Red-Rul )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close