LinimasaNasional

Jangan Panik Saat Terjadi Gempa Bumi, Tapi Lakukan 5 Hal Ini

HASTAGMU.com – Bencana alam gempa bumi memang sulit diprediksi kapan akan terjadi, meski dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat canggih dan dapat menditeksi gempa sejak dini, namun tetap saja gempa bumi dapat terjadi kapan pun dan mengagetkan.

Dengan demikian anda harus tetap waspada dan bersiap menghadapi bencana gempa bumi. Berikut Redaksi Hastagmu.com menghimpun dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ), 5 hal yang anda harus anda lalukan saat terjadi gempa ;

Baca Juga :

1.Jika Berada Didalam Bangunan

Segera Lindungi badan dan kepala anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, dan segala sesuatu yang bisa melindungi anda dari reruntuhan. Cari tempat yang paling aman  dan lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

2. Jika Berada Diluar Ruangan

Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon dan lain-lain yang berpotensi roboh, jangan lupa untuk memperhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah

3. Jika Berada Didalam Mobil

Keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran;
Lalu lakukan hal seperti point ke 2.

4. Jika Tinggal atau Berada Di Pinggir Pantai

Segera menjauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

5. Jika Tinggal atau Berada Di Daerah Pegunungan

Apabila terjadi gempa bumi segera hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Yang paling penting adalah harus tetap tenang ketika anda berada ditempat yang dilanda bencana gempa bumi. Kemudian mencari tempat berlindung yang aman. ( Red-Rul )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close