LinimasaNasional

BMKG Cabut Status Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa 6,9 SR Di Tasikmalaya

HASTAGMU.com – Pasca terjadinya gempa 6,9 SR yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa barat pada (15/12 ) malam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) resmi mencabut peringatan dini tsunami.

Peringatan tsunami dicabut sekitar 02.51 WIB, Sabtu (16/12). Sebelumnya, peringatan aktif sejak gempa terjadi pukul 23.47 WIB, Jumat (15/12/), pencabutan peringatan dini tsunami ini dicuitkan oleh akun Twitter resmi BMKG.

“Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:6.9 SR, tanggal: 15-Dec-17 23:47:58 WIB, dinyatakan telah berakhir,” cuit akun resmi (@InfoBMKG).

Sebelum nya BMKG merilis gempa terjadi 2 kali yang berpotensi terjadi gelombang tsunami, Gempa pertama terjadi pada pukul 23:47:57 WIB di 43 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berkekuatan 7,3 SR. Gempa pertama terjadi pada kedalaman 105 km di Samudera Hindia.

Baca Juga :

Gempa kedua mengguncang satu detik kemudian yakni pada pukul 23:47:58 dengan kekuatan 6,9 SR. Titik pusat gempa terjadi di 11 Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman 107 km di Samudera Hindia.

Beberapa kerusakan dilaporkan terjadi akibat gempa tersebut. Kantor Bupati Tasikmalaya misalnya, dilaporkan mengalami ambrol pada bagian atap. Kerusakan parah juga terjadi di wilayah Jawa tengah salah satunya terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Banyumas yang mengalami keretakan dinding hingga rusaknya ruang instalasi radiologi.

Peringatan dini tsunami sempat dikeluarkan untuk warga yang tinggal di pesisir pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY. Dicabutnya peringatan membuat warga dapat kembali ke rumahnya masing-masing. ( Red-Rul )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close