Pendidikan

STKIP Muhammadiyah Bogor Selengarakan Seminar Pendidikan Bahasa Inggris

BOGOR,HASTAGMU.com – Kamis (25/01/2018) Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor menyelenggarakan Seminar Pendidikan Bahasa Inggris dengan tema “the Urgency of English Education Today”.

Seminar pendidikan tersebut adalah sebagai tugas akhir semester dari mata kuliah Academic Listening and Speaking yang dipandu oleh Ramdan Nugraha, M.Pd. sebagai salah satu dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Bogor.

Output mata kuliah Academic Listening and Speaking ini memang ditujukan lebih kepada bagaimana mahasiswa secara praktis mampu mengaplikasikan pemahaman kuliah mereka dengan menjadi pembawa acara formal, moderator seminar, narasumber seminar, bahkan sampai pada bagaimana bertanya kepada narasumber sebagai salah satu peserta dalam seminar akademik dengan menggunakan bahasa Inggris total selama pelaksanaannya. ungkap Ramdan

Selain itu, saya kira ini juga merupakan tanggub jawab intelektual saya secara personal untuk menyiapkan mahasiswa ke dunia akademis yang kompetitif baik ketika mereka masih kuliah, terlebih ketika nanti sudah benar-benar menjadi guru atau pengajar bahasa Inggris sebagai karir mereka di masa depan ”, tambah Ramdan.

Sementara itu Rudi Haryono, S.S., M.Pd. ( Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Bogor ) dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi tugas akhir semester dalam bentuk seminar akademik yang sebetulnya menjadi sebuah keharusan bahwa mahasiswa harus akrab dan memiliki spirit dalam memakmurkan dunia intelektual dengan cara mengadakan berbagai forum ilmiah dan berpartisipasi aktif di dalamnya.

Irma Wahyuni, S.S., M.Pd. yang menjadi narasumber seminar yang dengan antusias memaparkan berbagai informasi dan pengalaman empirisnya yang sangat menginspirasi ketika berkunjung ke beberapa tempat di Australia dan Eropa. salah satu dosen STKIP Muhammadiyah Bogor yang belum lama ini mengikuti pertukaran tokoh muda muslim Indonesia ke Jerman ini. Menegaskan bahwa bahasa Inggris adalah kebutuhan keilmuan dan komunikasi yang sudah tidak bisa ditawar lagi untuk dikuasai terutama bagi mahasiswa ketika mereka ingin melihat dunia yang lebih jauh ke depan.

Selain dihadiri oleh Ketua Program Studi dan dosen, atmosfir akademis dalam seminar ini semakin hidup ketika peserta undangan dari program studi lain ikut berpartisipasi dengan pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber. Bahkan salah satu mahasiswa yang sudi hadir dari kampus di luar Bogor juga begitu antusias bertanya ihwal pendidikan bahasa Inggris yang menjadi tema utama seminar. Selain pertanyaan, banyak diantara peserta yang memberi tanggapan terhadap paparan narasumber yang menciptakan suasana dialektis yang sangat khas dalam sebuah forum akademis. ( Red-Nin )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?
Close