Teknologi

Perbarui Backup Data WhatsApp Anda Di Google Drive Atau Lenyap Selamanya

HASTAGMU.COM –  Baru-baru ini layanan pesan online WhatsApp mengumumkan kerjasamanya dengan perusahaaan raksasa mesin pencarian Google, dimana kini para pengguna WhatsApp bisa menyimpan data dengan cara pencadangan atau membackup semua data penting yang terdapat dalam akun WhatsApp ke akun Google Drive tanpa harus khawatir menghabiskan batas kapasitas yang tersisa di Drive.

Dan Hal penting yang harus diperhatikan bagi para pengguna WhatsApp, untuk sesegera mungkin memperbarui backup datanya ke Google Drive. Kalau tidak ingin data yang terdapat dalam Drive lenyap untuk selamanya.

Pasalnya, kebijakan baru ini mengharuskan penggunan untuk melakukan pencandangan data mereka. Backup data WhatsApp yang tak pernah diperbarui selama satu tahun terakhir akan hilang dari Google Drive per tanggal 12 November 2018 mendatang, pemberitahuan tersebut dirangkum Hastagmu.com, dari situs resmi WhatsApp.

“ Mulai 12 November 2018, backup WhatsApp tidak akan lagi diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive. Selanjutnya, backup WhatsApp yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive. Untuk menghindari hilangnya cadangan apa pun, sebaiknya cadangkan data WhatsApp Anda secara manual sebelum 12 November 2018.” Tulis WhatsApp di halaman resminya.

Anda dapat melakukan backup secara manual ke Google Drive, caranya cukup mudah. Yang pertama pastikan anda memiliki Google Drive yang sudah teraktivasi di smartphone, lalu buka aplikasi WhatsApp. Pilih menu Pengaturan, kemudian Menu Chat, lalu Chat BACK UP. Dan yang terakhir Ketuk BACK UP untuk memulai backup Google Drive Anda. Dan proses pencadangan yang telah anda lakukan akan berjalan secara otomatis serta memerlukan waktu beberapa menit.

Namun Backup yang dilakukan saat ini masih memakan kapasitas penyimpanan Google Drive anda, sebab kebijakan barunya belum dicanangkan. Yang berarti, Anda harus memastikan memori di akun Drive masih cukup untuk menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting.

Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini bisa dibilang sangat bermanfaat, dengan melakukan pencadangan data Anda tidak perlu khawatir kehilangan data percakapan lama baik riwayat teks, photo, dan video dengan teman WhatsApp, ketika membutuhkannya dikemudian hari. ( Red )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close