Traveling

Liburan Sambil Belajar Sejarah, Kunjungi 5 Museum Ini

HASTAGMU.com – Liburan akhir tahun tinggal beberapa hari lagi Sudahkah anda memilih tempat untuk mengisi liburan tahun baru anda. di musim libur saat ini, museum bisa dijadikan salah satu alternatif wisata khususnya bagi anak-anak sambil belajar tentang sejarah.

Berikut Hastagmu.com merangkum dari beramacam sumber, 5 museum yang bisa dijadikan alternatif liburan akhir tahun bersama keluarga.

1. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung [ Istimewa ]
Museum Geologi memajang berbagai objek geologi seperti fosil, batuan, mineral dan lainnya. Saat pertama memasuki museum, pengunjung akan disambut dengan fosil gajah purba. Di lantai satu, terdapat informasi mengenai tata surya, terbentuknya bumi, replika berbagai fosil hewan purba dan kepunahan dinosaurus. Di lantai dua, pengunjung dapat menemui berbagai macam jenis batu-batu dan cerita tentang tsunami dan bencana gunung merapi.

2. Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang [ Istimewa ]
Berdiri pada 2014, museum yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group ini merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern di Kota Batu, Malang Jawa Timur. Museum ini terbagi ke dalam beberapa zona yang didekorasi sesuai dengan tema kendaraan yang dipajang di zonanya masing-masing.

3. Museum Kota Makassar

Museum Kota Makassar [ Istimewa ]
Bangunan museum bergaya Eropa abad ke-17 ini terdiri dari dua lantai. Di lantai satu terdapat berbagai lukisan klasik peninggalan Belanda di Kota Makassar, foto dokumentasi perkembangan Kota Makassar, benda-benda arkeologi dan berbagai mata uang yang pernah berlaku di Makassar dari masa penjajahan hingga saat ini. Di lantai dua berisi lambang-lambang kabupaten di Sulawesi Selatan dan berbagai pernak-pernik hasil kerajinan rakyat.

4. Museum Kereta Api Ambarawa Jateng

Museum Kereta Api Ambarawa [ Istimewa ]
Museum ini awalnya adalah sebuah stasiun kereta api yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Museum ini mengoleksi 21 lokomotif uap dan saat ini terdapat tiga lokomotif yang bisa beroperasi. Selain memajang lokomotif, terdapat pula telepon antik, peralatan telegraf morse, bel antik dan beberapa perabotan antik lainnya.

5. Museum Ranggawarsita Semarang

Museum Ranggawarsita Semarang [ Istimewa ]
Terletak di Semarang, Jawa Tengah, museum ini memiliki empat gedung dan memiliki 50 ribu lebih koleksi peninggalan sejarah. Koleksi yang terdiri dari arkeologi, koleksi emas, keramik, etnografi dan lainnya tersimpan rapi baik di dalam maupun di luar museum. Nama museum ini diambil dari salah satu pujangga besar Indonesia, Ranggawarsita. ( Red-Nin )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close