Traveling

Menikmati Pesona Wisata Di Kota Solo Yang Tak Ada Duanya

HASTAGMU.com – Kota solo memiliki banyak pesona. Tak kalah dengan tetangganya, Jogjakarta, solo juga mampu merayu banyak wisatawan berbondong menikmatinya. Dengan khas wisata perkotaan yang berbudaya, solo mempersembahkan tatanan kota yang unik dan kiranya kita tidak temukan di kota lain. Banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati sebenarnya, namun saya merangkum tempat-tempat yang wajib pembaca hastagmu nikmati dan hanya ada di kota solo.

1. Railbus Batara Kresna

Railbus kebanggaan masyarakat kota Solo, Bathara Kresna, melintas di keramaian kota [ RIAN YULIANTO W / Tribun Kaltim ]
Biasanya, di kota-kota lain kita akan menemukan kereta yang memotong jalan raya. Ketika kereta lewat, maka jalan tersebut ditutup agar menjaga keamanan para pengguna jalan raya. Namun berbeda dengan yang terdapat di kota solo, tepatnya pada jalan selamet riyadi.

Di sana terdapat kereta yang beriringan dengan kendaraan lainnya. Hal itu dikarenakan kereta tersebut melewati rel yang tidak memotong jalan raya. Namun, rel tersebut searah dengan jalan raya. Kereta ini akan melaju pelan, bahkan uniknya, ketika kereta berada beberapa meter, masih banyak orang-orang yang menyebrang jalan.

Jadi tak usah kaget jika teman-teman bermain ke solo dan menemukan hal semacam ini, disana sudah biasa. Jadi ayo coba merasakan menaiki kereta melaju di pinggir jalan.

2. Museum Pers Nasional

[ Istimewa ]
Selain kereta di pinggir jalan, solo juga memberikan pilihan bagi teman-teman yang ingin liburan sambil belajar. Terdapat museum pers yang dapat kita kunjungi untuk mempelajari lebih dalam sejarah pers terutama di Indonesia. Disana terdapat model-model kamera yang digunakan para wartawan dari tahun ke tahun, surat kabar dari media yang dulu pernah ramai di Indonesia saat jaman penjajahan sampai sekarang.

Selain itu, terdapat juga pameran fotografi dan foto tokoh-tokoh pers yang dulu memperjuangakan Indonesia lewat tulisan.  Jika itu masih dirasa kurang, di lantai dua museum terdapat perpustakaan yang menyediakan berbagai referensi buku khususnya tentang pers. Selain liburan, kita juga akhirnya mempelajari sejarah dari bukti-bukti yang bisa kita amati langsung.

3. Heritage Keraton Solo

[ Istimewa ]
Sama halnya dengan jogja, di solo terdapat bangunan tua milik keraton solo. Bangunan-bangunan ini masih tetap kokoh walau sudah ratusan tahun. Beberapa bangunan yang masih bertahan adalah benteng, istana keraton solo dan masjid agung kota solo yang masih digunakan untuk tempat beribadah umat muslim.

Pesona budaya kota solo memang destinasi yang paling disukai oleh para wisatawan. Pasalnya pesona budaya tiap daerah memiliki khasnya tersendiri. Jadi, jangan sampai lewatkan momen berpotret dengan keluarga di sekitar bangunan tua kota solo.

4. Pasar Klewer 

[ Istimewa ]
Ini Cuma ada di solo tentunya, pasar tradisional klewer menjual berbagai macam oleh-oleh kota solo, dari mulai pakaian sampai gantelan kunci. Buat para wisatawan yang ingin memberikan hadiah untuk buah hati, di sini juga tersedia mainan tradisional. Ada mainan yang bisa mengeluarkan bunyi yang unik, sampai mobil-mobilan dari kayu tak terlewatkan.

Berwisata ke kota solo, sangat disayangkan jika tidak mampir ke pasar klewer. Selain mencari bukti kenangan bahwa kita sudah pernah ke solo, pasar ini juga sudah tersohor di mata para wisatawan.

5. Wisata Kuliner Galabo

[ Istimewa ]
Wilayahnya berdekatan dengan pasar klewer, dekat patung monumen slamet riyadi. Tempat kuliner ini dibuka pada sore hingga malam hari. Banyak menu makanan yang bisa kita pilih sambil menikmati kebersamaan bersama teman atau keluarga.

Jadi, jika kita ingin berkunjung ke wisata kuliner galabo hanya ada pada sore dan malam hari. Karena pada pagi dan siang, tenda-tenda akan dibongkar dan digunakan sebagai jalan umum kendaraan bermotor.

Itulah beberapa tempat wisata yang sangat khas kota solo. Tentunya, ketika kita berlibur ke kota lain pasti tidak akan lupa mencari keunikan kota tersebut. Jadi tunggu apa lagi, kota solo bisa jadi destinasi wisata kamu berikutnya. ( Red-Bay )

Tulis Komentar
Tag
Perlihatkan Semua
zvr
Tanggapan Anda Dengan Artikel Ini ?

#ARTIKEL TERKAIT

Close